Translate

Jumat, 23 Maret 2012

Pembantai Warga Afghanistan Didakwa

Foto : Pembantai warga Afghanistan Sersan Bales (Reuters)
WASHINGTON - Pasukan Amerika Serikat (AS) Sersan Robert Bales didakwa atas pembunuhan 17 warga Afghanistan yang berada di Provinsi Kandahar. Bales saat ini masih ditahan di penjara militer Fort Leavenworth, Kansas.

Pria berusia 38 tahun itu akhirnya didakwa atas kasus pembunuhan itu, pejabat AS juga mengatakan bahwa Bales akan mendapatkan dakwaan lain berupa percobaan pembunuhan. De,oloam seperti diberitakan Sky News, Jumat (23/3/2012).

Bales masih ditahan di sel isolasi di Fort Leavenworth, Kansas. Pengacaranya, Henry Browne tidak berkomentar lebih lanjut mengenai dakwaan yang dijatuhkan kepada Bales. Browne sebelumnya hanya mengatakan, tidak ada bukti yang ditunjukkan bahwa kliennya melakukan pembantaian.

"Tidak ada bukti forensik. Tidak ada juga bukti catatan kesehatan, dan tidak ada bukti tentang korban ataupun dimana mayat para korban," ujar Browne.

Pria yang sempat berdinas di Irak ini juga mengaku, dirinya lupa akan aksi keji yang dilakukannya kepada warga Afghanistan. Browne menambahkan, Sersan Robert Bales hanya memiliki ingatan yang minim saat insiden pembantaian itu berlangsung 11 Maret lalu.

Istri dari Bales, Karilyn pun mengutarakan penyesalannya atas peristiwa pembantaian di Afghanistan. Dirinya juga mengucapkan belasungkawa kepada para keluarga korban yang dibantai oleh Bales.(AUL)

0 komentar:

Posting Komentar