Translate

Kamis, 13 September 2012

Lemak Susu Dapat Memicu Penyakit Radang Usus

Jakarta, Konsumsi makanan yang mengandung lemak susu dapat menyebabkan gangguan kecil pada usus. Tetapi jika sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik, kondisi tersebut akan bertambah buruk dan memicu penyakit radang usus.

Penemuan tersebut awalnya dilakukan oleh para peneliti dari University of Chicago yang bertujuan untuk menyelidiki beberapa penyakit yang dipengaruhi oleh fungsi sistem kekebalan tubuh yang tidak dapat bekerja dengan baik.

Salah satu organ pertama yang akan terpengaruh adalah usus, karena saluran pencernaan adalah organ yang paling lama bersinggungan dengan makanan yang dimakan. Sehingga peneliti memutuskan untuk mencari pemicu penyakit radang usus, seperti kolitis.

Kolitis merupakan penyakit usus yang bersifat genetis dan dapat tertidur dalam tubuh sampai sistem kekebalan tubuh terganggu. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, penyakit ini akan terbangun dan menyebabkan peradangan pada usus.

Seperti dilansir naturalnews, Kamis (13/9/2012), terbangunnya penyakit pada usus tersebut awalnya karena dipengaruhi kualitas diet yang buruk. Diet tinggi gula dan lemak dapat memicu peradangan pada usus.

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan bahwa lemak susu terkonsentrasi, seperti yang ditemukan dalam mentega atau krim, bisa mengganggu ekologi bakteri baik dalam usus.

Lemak susu diketahui dapat meningkatkan kemampuan bakteri jahat dalam usus, sehingga populasi bakteri baik yang diperlukan untuk memecah makanan menjadi terancam.

Sistem kekebalan tubuh akan mendeteksi gangguan dan akan menangani masalah tersebut. Tetapi sistem kekebalan tubuh tersebut menyerang usus secara keseluruhan, menyebabkan peradangan dan memperluas kerusakan jaringan.

Lemak susu ditemukan dalam sebagian besar makanan olahan. Kurangi risiko terbangunnya penyakit radang usus dengan diet rendah lemak, rendah gula, hindari konsumsi makanan olahan, perbanyak konsumsi buah dan sayur serta mengonsumsi yoghurt murni untuk memperoleh manfaat baik probiotik bagi usus.

0 komentar:

Posting Komentar